Kamis, 15 Januari 2009

PaPuA


langit biru laut biru


daerah paling ujung timur Indonesia. buat yang suka petualangan dan melihat hal baru coba ke sini. yaa papua termasuk daerah yang sulit untuk mencapainya butuh perjalanan yang panjang, biaya yang mahal, dan fasilitasnya juga belum terlalu lengkap, butuh usaha yang keras untuk mengarunginya, buat yang suka petualangan alam ini tempatnya.


Jika di papua kemungkinan kita bakal melihat langit biru yang cerah dan alam yang masih asri (kecuali lagi ujan hehehee..) N jangan terlalu terlena melihatnya lupa-lupa kulit ente semua bisa gosong, jadi buat yang mau kesana jangan lupa bawa sun-block yang banyak n baju putih, mudah2an bisa mengurangi kehitaman. Hehehee..


Kepulauan ampat


Buat yang suka petualangan laut, datang aja ke kepulauan ampat di sorong ( terletak di bagian barat atas alias di bagian kepala burung kalo di dalam peta, pokonya yang barusan aja kena gempa). Disini ada 4 pulau, yaitu waigeo, salawati, misool yang kaya akan flora dan fauna lautnya, katanya 75% dari jenis trumbu karang dunia ada di sini, dan menurut penelitin yang dilakukan para ahli (riset) kepulauan ampat masuk dalam 10 lokasi menyelam terbaik di dunia, dan kondisinya masih alami banget, jadi buat yang bisa diving kita nikmati keindahan alam Indonesia, buat yang ga bisa diving dari atas perahu juga seru koQ. hihihiii…


Puncak jaya


Buat yang punya jiwa pendakian, papua punya puncak paling tinggi di kawasan asia tenggara, dimana puncaknya selalu diselimuti salju, dekat dengan daerah ini terdapat Grasberg mine tambangnya Freeport, buat yang mau liat lobang yang ga kira2 gedenya di sini tempatnya, pucak jaya dapat dicapai dari daerah timika, yang merupakan salah satu daerah yang sedang berkembang cukup cepat di daerah papua, naik pesawat bisa langsung turun di timika. Merupakan tempat transit sebelum ke jayapura. Tapi jangan heran kalo bandaranya ga lebih kaya rumah aja..


Jayapura


Dahulu merupakan ibukota propinsi dari papua, jadi merupakan kota yang cukup maju di daerah papua. Disini buat yang suka wisata sejarah, ada tugu MacArthur, tugu lambang kejayaan tentara sekutu, pantai base G yang masih bertebaran sisa- sisa alat tempur jepang dan sekutu, dan danau sentani yang ada di dekat bandara. Kalo mo beli oleh2 ada pasar hamadi.




Ke papua


Kalo mau ke sana kita bisa capai naik pesawat. Lebih kurang 8 jam perjalanan dan 2-3 kali transit. Di dalam kota ada mobil sewa atau taksi, sewa per hari 300.000. penginapan buat yang budget minim ada hotel asia di jl. Hamadi no 8 dekat pasar tarifnya: 140.000 – 200.000 2thn yang lalu. Kalo di sorong ada hotel grand di jl. Raja ampat no 105 tlpn. (0951) 322632 tarifnya : 200.000 – 250.000. yang harus kalian ingat jika mau berpetualang ke papua. Jangan sembarangan melihat detail or bertanya kepada orang yang tidak di kenal, salah2 nanti di suruh bayar lho…


More about papua


Info papua.com


Dive the world Indonesia.com


Papua .go .id

2 komentar: