Jumat, 30 Januari 2009

mengukur Gendut apa Kurus

banyak orang terlihat resah aka berat badannya, terkadang ada yang sampai heboh gara- gara merasa kegendutan, sebenarnya selain dari perbandingan tinggi badan dan berat pokok persoalannya adalah berapa persentase lemak dalam tubuh mereka idealnya adalah 16% dan untuk laki- laki 20% hal itu lebih menentukan kegemukan atau kurusnya seseorang.



berikiut ini adalah tes sederhana yang dapat anda lakukan dirumah untuk menentukan apakah anda kegemukan atau kelebihan lemak, atau juga malah kurus gara- gara kurang lemak.



tesnya sederhana tinggal jepit kulit di bagian- bagian ini


  • bagian atas dari lengan atas

  • bagian tengah atas paha belakang

  • salah satu sisi abdomen anda (perut maksudna)

ukurlah ketebalan dengan jangka lengkung atau penggaris kulit (gampangnya lebar kelengkungan kulit yang di jepit) jika kita dapat menjepitnya 1 inci (+/_2.5cm) atau kurang maka secara sederhana kita dapat dikatakan kurus atau tidak kegemukan, karena jika tetebalan bertambah 0.7cm saja itu menunjukan 10pon kelebihan lemak (gampangnya lemaknya kelebihan 5kg) wah jadi yang badannya ga terlalu gemuk tapi di bagi di bagian perutnya bisa sampai kelebihan 2cm atau lebih tuh perut isinya lemak doang!! tapi kalau badannya kurus tapi perutnya berlebihan namun saat di jepit kulitnya tipis itu yang gawat!! antara busung lapar dan cacingan coba deh di check.


mengetahui tingkat lemak tubuh sangatlah tepat jika kita sedang menjalankan diet heboh supaya tidak terlihat kegemukan atau yang tiba- tiba turun berat badannya drastis. karena jika tidak melakukan latihan olahraga secara teratur, kemungkinan yang berkurang malah jaringan ototnya, bukan lemak dari keseluruhan tubuh kita, jika yang hilang adalah lemak berlebih dalam tubuh itu sehat, tapi jika yang berkurang adalah jaringan lain dalam tubuh justru dapat menimbulkan masalah kesehatan lain di waktu yang akan datang, walaupun dampaknya tidak langsung terlihat, nah buat yang diet kita mungkin terlihat lebih langsing tapi kita masih kelebihan lemak,berarti kita masih kegemukan. berat badan tidak menunjukan gemuk atau kurusnya seeorang tapi ukuran lemaklah yang menunjukan kadar kegemukan kita jadi selamat mengetes kadar kegemukan masing- masing yaa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar