Senin, 26 Januari 2009

Mengobati belekan??

Hal ini saya bahas lantaran salah seorang teman saya setiap bangun tidur mengalami belekan, istilah sok kerennya konjungtivitas.

Belekan merupakan radang konjungtiva,sisi dalam kedua kelopak mata yang menutupi sisi putih pada mata, nah ada beberapa penyebab belekan:

  • Reaksi alergis terhadap debu, spora jamur, ketombe, atau kontak langsung dengan air or kosmetik yang mengandung zat klorine.
  • Belekan karena bacterial, dicirikan dengan kotoran yang berwarna kekuningan agak mirip seperti isi jerawat pokoknya yaa gitu dech!! Hehehe, untuk masalah seperti ini bisa sedikit kita atasi kompres dengan air hangat tambahkan minyak anti biotik pada air hangatnya, atau obat tetes untuk bakteri, karena banyaknya jenis bakreri yang ada maka untuk lebih enaknya dapat langsung bertanya kepada dokter, jika diatasi dengan teratur belekan jenis ini dapat hilang dalam waktu 2 – 3 hari
  • Konjungtif viral (belekan viral) ini terjadi akibat komplikasi flu dan pilek hal ini sedikit menghasilkan kotoran hitam, tapi lebih banyak keluar air di banding konjungtif bakteri sehingga jika bangun tidur mata akan sangat rapat dan sulit untuk terbuka, hal ini biasanya terjadi jika antibiotika tidak bekerja sepenuhnya, maka diperlukan 2 – 3 minggu untuk menghilangkan belekan ini.

Nah ini beberapa tips untuk menghilangkan belekan:

  • Jangan menyentuk mata dengan jari, karena banyak kuman yang menenpel pada jari tangan, jika terjadi gatal gunakan kain lembtu untuk mengusapnya.
  • Dengan mata terpejam basuhlah kelopak mata dengan air hangat, INGAT!!! Air hangat bukan air panas jika terlalu panas justru akan menyebabkan iritasi, hal ini untuk melunakan dempetan mata dan menghilangkan kotoran sisa belekan yang masih menempel pada kelopak mata usapkan 3 – 4 kali sehari setidaknya 5 mnt.
  • Gunakan obat tetes untuk mengurangi iritasi dan rasa gatal pada mata
  • Untuk yang agak ganjen hindari pemakaian tatarias di daerah mata sampai infeksi bisa benar- benar bia dihilangkan
  • Jangan dulu menggunakan kontak lens jika masih infeksi
  • Seringlah mencuci tangan karena secara tidak sadar per hari kita menyentuh daerah mata sekitar +10x
  • Jika dalam 2 – 3hari mata semakin tidak nyaman dan sensitive terhadap cahaya, cobalah untuk istirahatkan mata anda (maksudnya tidurlah yang cukup) min 6 jam, jika masih kedokter dunks!!!

Cuma sekedar tips untuk mencegah apabila ada yang punya masalah belekan saat bangun pagi, mudah- mudahan berguna yaa..

4 komentar:

  1. assalamu'alaikum..

    salam kenal, spertinya orang kesehatan juga.. :)

    kunjungi blog saya..
    mungkin qt bisa sharing2 info.. :)
    -nunu-

    BalasHapus
  2. wah akhirnya, ini manjur khan, coz aku sedang belakan nih?

    BalasHapus
  3. makasih mas infonya...

    BalasHapus
  4. kalo belekan celana gimana mas? hehehe

    BalasHapus